04 Agustus 2007

2 Macem Budeg....

Baru diposting 4 Agustus tapi sebenernya ditulis tanggal 24 Mei..hari dimana Ac Milan menang piala Champion setelah mengalahkan Liverpool 2-1, yang mana 2 gol yang disarangkan Ac Milan bersumber dari si ganteng maut Filippo Inzaghi..huhuy!! padahal nontonnya juga sembari peureum beunta, da tunduh tea..

Eh kawan-kawan! Tau ga sih sebenernya penyakit budeg tuh secara umum dibagi ke dalam 3 kategori besar, yakni: Budeg harfiah dan bUdeg maknawiyah. Yah..sama dengan penyakit gila yang terbagi dalam 45 macam (menurut ibunya si Ikal dalam Laskar Pelangi). Kembali ke budeg itu tadi..(bukan ke laptop yaa..), yang pertama budeg harfiah (dengan huruf ’e pada kata budeg dibaca tidak seperti mengucapkan kata edan, ngerti dong maksud saya?!), yakni budeg beneran, ceu bahasa sunda mah torek(dengan ’e seperti kata edan), bonge’(’e nya pun pelafalannya seperti kata edan(repot amat sih ama huruf ’e?)), atau tuli menurut Bahasa Indonesia yang masih disempunakan. Maksudnya emang mengalami gangguan pendengaran, kurang kedengeran, atau bahkan sama sekali ga bisa ngedenger. Bukan maksud saya untuk merendahkan orang-orang yang mengalami hal ini. Mungkin ini terjadi juga karena memang sudah ketentuan Yang Maha Kuasa. Dunia mungkin terasa sepi bagi mereka. Tidak pernah mendengar suara kicau burung yang bernyanyi, ga pernah ngedenger suara knalpot motor tetangga saya yang bisingnya luar biasa sehingga rasanya ingin ngelempar semua benda yang lagi dipegang, ga ngedenger juga merdunya suara Bang Haji saat menyanyikan Begadang yang fenomenal..hehe..Tapi coba kita lihat dari sisi lain, dari sudut 68,75o lalu geser ke kiri (gw juga ga tau ini teh posisinya gimana), mungkin orang-orang yang mengalami budeg harfiah, hidupnya lebih tenang dan damai. Eh..eh..interupsi bentar..sebelum ada yang protes, maaf banget, saya bilangnya budeg, bukan maksud kasar atau menyakiti loh..Cuma kerasanya lebih nge pop aja dibandingin tuli yang terkesan klasik atau tuna rungu yang nge jazz abizz..yah kembali ke persoalan damai, hmm..iyah itu tadi hidupnya damai karena tidak perlu mendengar hal-hal yang tidak perlu, seperti pertengkaran, tangisan si Bani (tetangga saya yang jadwal nangis raungannya sesuai dengan jadwal sarapan, makan siang dan menjelang makan malam, atau kalo lagi ”lucu-lucunya” jadwalnya ditambah pada saat setiap tukang jualan lewat), dan juga suara di Lab tempat saya kerja yang bisingnya luar biasa, mulai dari kompresor, pompa vakum, oven, pompa injeksi pleus bunyi MP3 lagu india dan ditambah lagi saya dan Saras yang lagi nyanyi nyanyi ga jelas atau lagi ngobrolin sesuatu dengan frekuensi suara mendekati 20.000 Hz. Hmmm...memang sudah sepatutnya kita melihat sisi baik dari semua hal yang menimpa kita..

Trus jenis budeg yang kedua, yakni (hobi banget pake kata ”yakni”..hehe..abis kesannya patriotik banget sih!)..BUDEG MAKNAWIYAH. Perlu digaris bawahi kata-kata maknawiyah yang artinya dia budeg hanya secara maknawi (?!pliss dong!!). Yah mungkin maksud saya tuh sebenernya dia ga budeg, sebenernya dia bisa ngedengerin suara-suara dan bunyi-bunyian, tapi dia ga bisa (atau ga mau?) ”ngedengerin”. Ngerti? Ini tuh gejala-gejalanya bisa kita temuin pada orang yang sering ngulang-ngulang apa yang sudah kita katakan. Misal, saya bilang begini: ”Bung, pompanya kita matiin aja ya,,soalnya udah kelamaan dinyalainnya, takut panas, ntar rusak lagi.” terus si Bung ini berkata:”Ini pompanya kalian matikan saja, nanti kepanasan, sudah terlalu lama dinyalakan..” Har?? Nah itu salah satu contohnya. Atau dilain kesempatan, saya mengatakan,”Ini data-data terbaru, udah saya up date, saya simpan di folder data”..kemudian si Bung ini berkata kepada saya,”Apakah ada data-data terbaru?tolong kamu update!”..UURGh..plis dong, hayang nalapung pake sekop (meni kejam), trus yang saya omongin tuh masuk kemana?aneh pan?..hehe..tapi emang banyak ko orang yang kaya gini, sok aja kamu perhatiin temen-temen kamu atau orang-orang disekitar kamu, mungkin kamu bisa nemuin kasus yang serupa. Biasanya orang-orang yang menderita budeg maknawiyah adalah orang-orang yang cuma mau ngedengerin dirinya sendiri atau cuma mau ngedengerin apa yang mau dia denger, artinya yah apalagi kalo bukan egois..?mungkin terjadi juga pada orang orang yang tetep keukeuh ”ngejar” seseorang sekalipun orang yang disukainya udah nolak.hehe..jadii..

1 komentar:

neneng ceriwis mengatakan...

Kayak lagi nyepet siapaaaa gt :p